[Review Film] BEBAS (2019) Nostalgia - Reuni Persahabatan Geng SMA



Film Bebas merupakan adaptasi dari Film terlaris Korea yakni "Sunny". Film ini tayang pada 3 Oktober 2019, dengan kerjasama antara Miles Film & CJ Entertainment. Banyak bertaburan aktor terbaik Indonesia, serta disajikan dalam waktu yang lumayan tepat hampir 2 jam full. 


(Trailer Film Bebas)

Kisah ini diawali oleh kehidupan seorang wanita bernama Vinna (Marsha Timothy) yang mulai kehilangan "jati dirinya" karena terlalu sibuk dengan kesehariannya menjadi seorang istri dan ibu. Hingga suatu ketika ia bertemu dengan Kris (Susan Bachtiar) hingga mereka mengenang masa- masa SMA ketika itu. Pertemuan ini membuat Vinna keluar dari zona nyamannya untuk dapat membantu Kris mempersatukan kembali Geng Bebas yang kini sudah berpencar entah kemana.

Usaha untuk menemukan teman SMAnya pun membuahkan kenangan manis serta membuat nostalgia masa- masa indah ketika itu. Semua berjalan begitu indah, kehidupan anak muda di tahun 90an yang berani berunjuk bakat dan bebas melakukan apa yang mereka lakukan dalam jangkauan yang positif.

Persahabatan masa masa sekolah memang tak ada duanya. Ada canda tawa, duka dan juga derita. Dalam hal ini seperti membuka pikiran kita pada lorong waktu menuju masa keemasan saat SMA itu. Sungguh sangat diluar dugaan saya, kalau Miles Film yang disutradarai Riri Riza dan Produser Mira Lesmana sangat berhasil membuat semua ini nyata dan sangat lekat satu sama lainnya. Permainan lorong waktu yang sangat apik, hingga tak sekali pun membuat mata penonton berkedip. Sangat tepat momen untuk balik ke masa 90an dan masa kininya.

Untuk akting para cast juga tidak usah diragukan lagi, karena semua pemain di Film Bebas ini sudah sangat top luar biasa. Bisa keluar dari zona yang buat kita nyaman. Perpindahan posisi kameranya juga cukup halus dan baik hingga perpaduan back song juga meraih poin teratas untuk hal ini.

Oh iya, saya tidak akan banyak memaparkan banyak bagaimana kisah dalam film ini berjalan, karena ini semuanya super natural dan jangan sampai bocor. Karena kalian yang baca ini, HARUSS langsung pesan tiket dan rasakan nostalgia bersama Geng Bebas yang sangat apik.

Geng Bebas bukan hanya Vinna dan Kris, melainkan ada Suci (Lutesha), Jessica (Agatha Pricilla), Jojo (Baskara Mahendra), Gina (Zulfa Maharani), serta pastinya Vinna (Marsha Timothy) dan juga Kris (Sheryl Sheinafia).

Yang membuat khas dari setiap karya Miles Film itu, sebuah karakter yang sangat kuat melekat pada para aktornya. Memang paling tidak diragukan lagi duo Riri Riza dan Mira Lesmana dalam memilih tokoh untuk karakter dalam Film Bebas ini.
Tokoh Geng Bebas versi dewasa yakni ada Marsha Timothy (Vinna), Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Kris (Susan Bachtiar), dan Gina (Widi Mulia).

Pemilihan tokoh masa kini dan versi 90an sangat tidak jomplang, karena seperti sangat nyata sesuai kehidupan yang ada. Semuanya dapat membangun karakter yang tepat tak saling menjatuhkan yang lainnya.

Mungkin beda masa jikalau kini bisa berdebat satu sama lain melalui media social, namun hendaknya seperti Geng Bebas juga memiliki musuh dengan nama Geng Baby Girls yang diketuai oleh Lila (Amanda Rawles). Penempatan cerita yang cukup kokoh, karena terdapat sekali gesekan antara kedua kubu tersebut, dan khasnya mereka mencoba untuk melakukan pertemuan seperti adu mulut disuatu tempat, khas tahun 90an.

Penggunaan bahasa dalam film pun sangat sangat nyata bahasa hariannya, karena semuanya pyurr natural keluar dari setiap aktornya tanpa hambatan yang dibuat- buat. Banyak sekali kata khas seperti "Nyet" atau juga bahasa G yang sangat mencirikan masa saat itu.

Kehidupan masa remaja tahun 90an yang khas dengan kegilaan, cuek, kepolosan, benar-benar natural seada-adanya diperankan oleh tiap tokohnya. Serta sedikit ada sentilan mengenai masa Orde Baru saat itu.


hSaya sangat tersanjung dengan kerandoman saya hari ini, yang hadir untuk menonton Film Bebas di hari pertama dengan waktu tayang paling awal disuatu bioskop.  Really enjoy it! WAJIB banget sih kalian nonton ini sama semua teman, keluarga atau siapapun itu dan kita semua berbagi canda tawa dalam satu naungan yang sama.

Salah satu film Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk saat ini dan terbaik di tahun 2019 #GengBebas #DukungFilmIndonesia

Overall, semua yang disajikan dalam 1 jam 59 menit ini penuh dengan makna, haru biru, nasihat tersirat, sangat mengharukan. Banyak sekali aktor yang diluar dugaan saya hadir sebagai pemeran sampingan dalam film ini. Canda tawa yang hadir sungguh sangat membuat penonton dimanjakan dalam setiap scene nya, satu studio rasanya puas sekali bisa menyaksikan film terbaik tahun ini yang membuat kita semua bernostalgia pada masa SMA yang sangat takkan tergantikan. Benar seperti sounstrack film ini "BEBAS" semua bisa merasakan bebas seolah masalah dalam hidup dapat hilang dengan 1 jam 59 menit ini, lepas semua masalah, dan menebar senyum kembali setelah menontonnya.

Rate: 4,9/5,0☆ (karena kesempurnaan hanya miliki Tuhan Yang Maha Esa)


Kalau teman- teman sudah menonton ataupun yang belum bisa tulis juga opini kalian ya dikolom komentar di bawah ini!↷

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel ‘CRUSH’ Karya Veronica Latifiane

[Review Buku] "Sekeping Hati" by Erisca Febriani dan Firrrr

[Review Buku] “A Cup of Tea” Karya Gita Savitri Devi #BacotnyaGitasav