Why I Started Blogging

Tepat banget hari ini tanggal 27 Oktober 2018, jadi ada hastag #HariBloggerNasional yang baru aja gue ketahui beberapa jam lalu. 

Dalam dunia perseluncuran blog lumayan lama juga ya sebenernya gue udah ikut andil jadi blogger yang ya.. belum dibilang sukses atau mahsyur banget sih. Tapi gue mau nyoba buat berbagi cerita gimana akhirnya bisa nulis diblog. 

Awalannya itu sekitar tahun 2012 atau 2013 awal gitu, jadi ada sebuah tugas yang mengharuskan gue buat blog dan menulis bebas. Kan bingung ya awalnya mau nulis apa, masa iya curhat kan ya nggak etis aja buat dinilai, jadilah dulu gue sering banget copas info-info kayak "7 Menara Tertinggi di Dunia" dan sebagainya macam itu. Dengan alasan biar rating views naik drastis hehe. Semua berjalan paling lama ya satu semester paling ya. Habis itu dicek lah hasil kinerja gue, yang sampe sekarang nggak tahu gimana hasilnya bagus apa nggak, soalnya nggak keliatan juga penilaiannya. Ya mungkin bagus ya, berasa jadi host acara on the spot gue waktu itu, lengkap banget info semacam itu. Ada juga sih 2 postingan yang "inti" tulisannya hampir jadi luapan emosi saat itu. Karena gue pikir blog bisa jadi media buat luapin semua pikiran, unek-unek, rasanya plong aja gitu pas udah nulis di blog. 

Tapi ya seiring dengan dunia baru dan kesibukan baru, blog gue tinggalkan dan lumayan lama banget sih bisa balik lagi. Masih dengan postingan yang males-malesan, terus nggak tahu mau ngapain di blog masih aja gitu. Kayak nggak ada perubahan sih sebenarnya. Oiya, kenapa gue seneng banget sharing buku apa yang pernah gue baca, dan gimana respon gue sama buku tersebut. Ini semua karena emang pengen banget jadi cerita gue kelak gitu. Bisa terkenang melalui blog, udah baca buku a, buku b, dan lainnya. Seru sih, jadinya kayak berbagi cerita dua arah, serta kan viewers dari berbagai macam lokasi. Jadi ya senang aja gitu. Ya semoga terpahamilah ya.

Ternyata beberapa tahun belakangan ini, blog itu jadi makin naik daun lagi, bisa jadi aset mata pencaharian juga. Pundi-pundi rupiah mengalir dengan publish sesuatu yang berfaedah di blog. Lumayan bahagia banget saat denger beritanya, karena kan jadi banyak masyarakat Indonesia yang suka menulis, membaca pasti perlu banget ditingkatkan. 

Karena membaca di blog itu kan bisa dilakukan dimana saja, serta mudah banget dong aksesnya dengan internet. Pernah mendengar suatu kutipan dari seseorang,
Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca.
Cari buku itu, mari jatuh cinta!
- Najwa Shihab

Dengan kutipan semacam itu, seperti mendobrak pintu hati seseorang dengan kencang. Walaupun blog bukan sebuah buku, mungkin dengan kamu mencari banyak referensi yang kamu suka dan akhirnya kamu jadi jatuh cinta. Semua itu mengalir dan tak perlu adanya paksaan, hanya perlu niat dari lubuk hari terdalam.

Untuk saat ini gue masih ya sibuk-sibuklah ya sama kegaiatan sehari-hari, disamping itu juga mencoba menyempatkan membaca 1 buku dalam sebulan, minimalnya sih gitu. Dan coba deh buat keluar dari zona nyaman bacaan kalian, ini pasti seru meski awalannya berat. Karena semua itu proses, hargai proses itu. Seperti gue awalnya suka baca cuma novel yg genre romance aja disekitaran usia remaja, makin kesini gue nyoba keluar dari zona itu untuk nyoba baca novel sejarah yg dengan tanda kutip "berat", atau mungkin buku motivasi (ini perlu banget sih, karena emang kayak dikasih suntikan semangat secara nggak langsung). Pokoknya coba aja pelan- pelan, nantinya juga kita akan membaur sama isi cerita dalam buku itu.

Tapi mungkin gue masih belum bisa update blog secara konsisten, namun mencoba untuk tetap produktif walaupun ada aja postingan yang gue un-publish demi kenyamanan hidup hehe.

Segitu dulu cerita kali ini, yang awalnya cuma tugas ya jadi suka.

Selamat hari jadi untuk Blogger Nasional!

Tetap menulis dan teruslah berkarya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel ‘CRUSH’ Karya Veronica Latifiane

[Review Buku] "Sekeping Hati" by Erisca Febriani dan Firrrr

[Review Buku] “A Cup of Tea” Karya Gita Savitri Devi #BacotnyaGitasav